Minggu, 26 Agustus 2012

Menikmati Kemagisan & Keunikan Pura Srijong


Banyak Pura di Bali yang memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri di mata Para Wisatawan. Salah satunya Pura Srijong. Pura Srijong berada di Desa Soka Batu Lumbang, Kecamatan Bajera, Kabupaten Tabanan, Bali. Pura Srijong memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri yang dapat memikat para wisatawan diantaranya, Letaknya yang berada di bibir pantai yang dikelilingi oleh pepohonan soka dan semak-semak, serta didukung dengan aura mistis nan mengandung kekuatan magis pun begitu kuat terasa ketika berada di sekitar Pura Srijong, sehingga menambah minat para wisatawan untuk mengunjungi Pura Srijong ini.

Tak jarang umat Hindu melakukan persembahyangan di Pura ini sembari menikmati keeksotisan pantai yang terbentang luas di Pura ini. Pura Luhur Srijong merupakan pura Dang Kahyangan, yang mana di tempat ini digunakan untuk memuja Dewa Wisnu yang dipercaya sebagai manifestasi dari Sanghyang Widhi Wasa sebagai bentuk penguasa lautan. Alkisah, bahwa dulunya di daerah ini warga pernah melihat adanya seberkas sinar yang muncul di tepian pantai yang berbatu katang. Kemudian warga meyakininya bahwa cahaya terang tersebut merupakan pertanda baik sehingga didirikanlah sebuah pura yang kemudian dikenal dengan Pura Luhur Srijong.


Seperti halnya dengan pura yang lainnya di Bali, Pura Srijong menerapkan Konsep Tri Mandala yaitu pada Jaba Sisi ( Nista Mandala) terdapat Bale Gong, Bale Pegat, Bale Pogo dan juga Kwargan Suci. Yang kedua pada Jaba Tengah (Madya Mandala) terdapat Pelinggih Ratu Nyoman, Peliasan Ratu Nyoman, Lumbung, serta Bale Panjang. dan yang terakhir tempat yang paling sakral dan sangat di jaga kesuciannya adalah bagian Jeroan (uttama Mandala), disini terdapat Padmasana, Meru Tumpang Tiga, Pelinggih Batara Segara, Palinggih Taksu Agung, Bale Simpan, Bale Agung, dan juga Bale Peliasan.
Kawasan Pura Srijong ini, sangatlah dijaga kesucian serta kelestariannya, karena di Pura ini sangat kental memiliki nilai historis yang tinggi dan kesakralan yang dimilikinya sangat kuat, maka tak jarang umat Hindu sangat gemar bersembahyang di Pura ini untuk memohon keselamatan dan tak jarang para wisatawan untuk memasuki Pura Srijong ini ke daftar wisata di Bali yang patut dikunjungi. selain itu beberapa fasilitas yang cukup memadai untuk menopang pondasi pariwisata di Pura ini, diantaranya warung penjual makanan dan minuman, toilet, areal parkir yang cukup luas. Jangan lewatkan wisata yang satu ini, menikmati kemagisan & keunikan Pura Srijong bersama kami KSB Tour & Travel di Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar