Minggu, 26 Agustus 2012

Menengok Keasrian Pura Alas Jagasari


Julukan "Bali dengan Pulau Seribu Pura" sangat cocok diberikan kepada Bali. Dimana Bali tak habis-habisnya akan wisata Puranya, salah satunya Pura Alas Jagasari. Pura Alas Jagasari berada di Dusun Penempahan, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Pura Jagasari mamiliki keunikan tersendiri, dimana disekeliling pura ini dipagari oleh hutan kecil yang berisi berbagai tanaman untuk keperluan upacara keagamaan yang biasanya diadakan di Pura Alas Jagasari ini. Selain itu Pura ini ialah gabungan dari Bale Agung dan Pura Puseh.

Tak jarang para wisatawan sangat menggemari berkunjungi ke Pura ini, selain menikmati keasrian Pura Jagasari para wisatawan akan disuguhkan corak arsitektur yang ada di pura ini  lebih menonjolkan arsitektur pada masa Kerajaan Kediri abad ke X-XI masehi.Dimana didalamnya ada dua buah arca kuno yang dipercaya oleh penduduk sekitar sebagai manifestasi dari soso Raja Warmadewa atau Sri Kesari Ratna Bumi Banten dan juga Permaisuri Mahandradatta atau Gunapriya Dharmapadni.Seakan anda menikmati aura kerajaan yang masih sangat kental di Pura Alas Jagasari ini.

Bentuk dan bangunan pura ini seumur dengan pura-pura yang ada di sekitar Pura Pegulingan, Pura Mangening, dan juga Pura Tirta Empul. Selain itu, keberadaan pura ini juga tertulis dalam sebuah prasasti di Pura Sakenan Manukaya dimana dalam prasasti tersebut tertulis nama Panempahan serta Wharmadewa saat menentukan daerah dan status predikan atau daerah yang dibebaskan dari pajak. Oleh sebab itu, diduga Pura ini dibangun pada abad X – XI masehi dimasa Kerajaan Bali Kuno Wharmadewa berkuasa.
Bagi anda para wisatawan yang gemar akan nuansa kerajaan kuno, Pura Alas Jagasari ini sangat cocok menambah daftar wisata anda di bali bersama kami KSB Tour & Travel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar