Minggu, 26 Agustus 2012

Menengok Keindahan Pura Gunung raung


Selain Gianyar terkenal akan gudangnya seni , Kabupaten Gianyar juga terkenal akan Puranya, salah satunua Pura Gunung Raung. Pura ini berlokasi di Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Pura ini merupakan Pura Kahyangan Jagat yang berada di Bali.

Pura ini memiliki keunikan serta daya tarik yang dapat memikat para wisatawan diantaranya pura ini menghadap ke arah Timur, bisa dikatakan diluar kelazimannya sebuah pura yang biasanya menghadap ke arah Barat. Selain itu, keunikan lainnya yakni pura ini memiliki 4 pintu.  dimana empat pintu tersebut mengikuti arah mata angin, yaitu  Timur, Utara dan Selatan yang pintunya berbentuk Candi Bentar. Sedangkan pintu di Barat hanya berupa pintu kecil. dimana keempat pintu ini memiliki makna tersendiri yaitu, pemikiran baik dan mulia biasanya muncul dari keempat penjuru mata angin.

Diperkirakan pura ini pertama kali dibangun pada abad ke VIII yang bermula dari perjalannya Dang Hyang Sri Markandya yang berasal dari daerah Jawa Timur. Maksud kedatangan Dang Hyang sendiri ialah untuk menyebarkan pendidikan rohani kepada sebanyak mungkin umat untuk kemudian bisa menata kehidupan duniawinya. Beliau dikenal tak pernah lelah, sampai akhirnya segala asanya bisa terwujud. Dalam perjalanannya iapun didampingi oleh Wong Age yang sangat setia kepadanya. Dan selama di Bali beberapa pura didirikan seperti Pura Gunung Lebah, Pura Besakih, dan juga Pura Gunung Raung.

Tak jarang para umat Hindu mengunjungi Pura ini bertujuan untuk memperdalam keilmuan kerohanian dan keduniawian supaya segala apa yang diinginkannya bisa dikabukan oleh Dewata, selain itu banyak para wisatawan yang sangat tertarik terhadap keindahan yang dimiliki Pura Gunung Raung ini. Pura ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat mendukung dya tarik para wisatawan, diantaranya pendopo, toko souvenir, warung makanan dan minuman, areal parkiran yang cukup luas, dan juga toilet. Jangan lewatkan wisata Pura Gunung Raung, menikmati keindahan Pura ini bersama kami KSB Tour & Travel di Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar