Senin, 20 Agustus 2012

Menengok Keasrian Desa Sidan

Mungkin Desa Sidan ini masih belum terkenal bagi para wisatawan yang baru datang ke Bali. Namun, panorama dan keindahan alam yang masih asri yang ditawarkan desa ini patut dijadikan alternatif bagi para wisatawan baik yang sudah sering berlibur ke Bali atau bahkan yang baru pertama kali ke Bali. objek wisata alam ini terletak di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, atau tepatnya 4 km dari Kota Gianyar ke arah Kota Bangli. Jika dari Denpasar berjarak sekitar 31 km yang bisa ditempuh dengan 40-60 menit perjalanan.Untuk menuju ke sana para wisatawan bisa memakai kendaraan sewaan/rental atau naik angkutan umum. Lokasinya cukup mudah untuk ditemukan, jadi bagi yang terbatas biaya tak perlu menyewa tour guide. Desa Sidan menyuguhkan pemandangan alam yang alami, asri, dan sejuk karena lokasinya berada di perbukitan. Selain mengandalkan keindahan dan kekayaan alamnya, Desa ini juga tyerkenal akan obyek wisata yang berbau masa lampau, diantaranya :

Pura Dalem Sidan

Pura Dalem Sidan didirikan oleh tetua dari Pura Sidan yakni I Dewa Gede Pindi sekitar abad ke-17. Kemudian dua setengah abad setelahnya, atau tepatnya tahun 1948 pura ini direnovasi oleh puteranya Dewa Gede Pindi sendiri bernama I Dewa Kompyang Pindi. Pura ini layaknya pura-pura Bali lainnya memiliki seni arsitektur yang tinggi dan sarat dengan kedalaman filosofis agama Hindu. Sambil menikmati keindahan Pura Dalem Sidan, anda akan ditemani dengan tari Barong di Stage Barong Sidan yang terletak di sebelah Barat pura ini.

Stage Barong Sidan

Stage Barong Sidan merupakan areal yang khusus dibangun untuk menyeksikan berbagai pertunjukan kesenian khas Bali yang akan disuguhkan untuk para wisatawan yang mengunjungi obyek wisata ini. Dimana, stage ini dibangun di sebelah Barat Pura Dalem Sidan, atau tepatnya di areal teras pesawahan yang indah. Bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan tari Barong khas Desa Sidan, bisa langsung memesan tiketnya ke Dinas Pariwisata Kabupaten Daerah Tingkat II Gianyar.Menikmati Tari Barong yang indah serta ditemani dengan keasrian Desa Sidan merupakan alternative yang cocok untuk menemani liburan anda di Bali.

Pura Bukit Camplung

Pura Bukit Camplung juga terkenal dengan nama Pura Masceti. Banyak masyarakat sekitar yang percaya bahwa Pura Bukit Camplung dijadikan tempat para dewa untuk menganugerahkan Gambelan Angklung Sidan yang sangat terkenal sampai ke mancanegara. Pura yang berdiri megah di atas tebing serta tebing tersebut berisi penuh tulisan-tulisan kuno yang menjadi salah satu daya tarik bagi para Wisatawan.
Menikmati keasrian Desa Sidan sekaligus menambah daftar wisata anda di Bali sembari mengunjungi Pura Dalem Sidan, Stage Tari Barong yang sakral dan Pura Bukit Camplung yang unik adalah salah satu alternative yang cocok untuk menemani liburan anda di Bali bersama kami KSB Tour & Travel di Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar