Senin, 20 Agustus 2012

Mengunjungi Keindahan Pura Gel gel

Pura Gel Gel berada di Desa Gel Gel (sesuai dengan nama pura), Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali Pura Dasar Gelgel dipelihara, dijaga dan dirawat oleh Desa Pakraman Gelgel yang terdiri atas 28 Banjar dan tiga Desa Dinas ( Desa Gelgel, Desa Kamasan dan Desa Tojan).

Pura Gel Gel merupakan pura Dang Khayangan Jagat . Selain itu Pura ini memiliki konsep Kaula Gusti Manunggal yakni sebagai pemersatu umat Hindu di Bali. Pura ini didirikan dengan maksud untuk menghormati Empu Ghana, yakni seorang suci yang dianggap paling berjasa dalam perkembangan agama Hindu di Bali.


Seperti Pura lainnya di Bali, Pura Gel gel juga menerapkan konsep Tri Mandala yaitu, Utama Mandala (Jeroan), Madyta Mandala (Jaba Tengah), Nista Mandala (Jaba Sisi). Pada Bagian Nista Mandala (Jaba Sisi) terdapat Kerangkeng pohon beringin besar tumbuh di bagian Nista Mandala, yang mana pohon beringin ini menjadi saksi bisu perjalanan pura dari kurun waktu ke waktu.  Pada bagian Madya Mandala (Jaba Tengah) terdapat Pelinggih Bale Agung dengan panjangnya mencapai 12 meter. Dan terakhir pada bagian Utama Mandala (Jeroan) terdapat benda-benda pusaka diantaranya belasan pelinggih, Meru Tumpang Tilu, Meru Tumpang Solas. Bagian ini sangat dijaga kesakralan, karena disini tempatnya para dewa berstana. Nikmatilah keindahan dan kesakralan Pura Gel gel bersama kami KSB Tour & Travel di Klungkung Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar